5 Ciri-Ciri HP Kredit atau Bukan Ketika Beli HP Bekas

Membeli hp saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara tunai/cash melainkan dapat mencicil (kredit). Kemudahan dalam membeli smartphone dengan pembayaran paylater dan kredit membuat maraknya penipuan disekitar kita.

Ada beberapa oknum nakal yang menjual ulang barang kredit tersebut dengan harga yang tinggi padahal pembayaran masih belum lunas. Jika kamu tidak waspada terhadap praktik penipuan seperti ini maka akan merugikan diri sendiri. HP yang kita beli berstatus belum lunas biasanya akan terkunci jika beberapa kali menunggak pembayaran.

Maka dari itu kita harus tahu ciri ciri hp kredit atau bukan ketika ingi membeli hp bekas/second. Sebelum masuk ke bagian ciri-ciri hp kreditan atau tidak simak beberapa kasus penipuan hp kredit di grup Facebook di bawah ini.

Kasus Penipuan Kredit HP di Facebook

Seperti yang kita ketahui bahwa penipuan yang marak terjadi ketika jual beli HP bekas memiliki ciri-ciri dan tanda pada ponsel. Misalnya terinstal aplikasi Kredit dari apk pinjol Adakami. Ponsel terkunci biasanya akan mati total sehingga HP tidak dapat digunakan lagi.

Seperti yang terlihat di bawah ini. Gambar di bawah merupakan HP Samsung yang terkunci karena pembayaran cicilan belum lunas/nunggak.

Ciri-Ciri HP Kredit

Ciri-Ciri HP Kredit atau Bukan

Berikut ini ada beberapa cara cek hp kredit serta ciri-cirinya yang harus kalian ketahui sebelum membeli hp bekas.

Ciri-Ciri HP Kredit (2)

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika membeli HP cicilan biasanya akan ada aplikasi pinjol yang terinstal di HP tersebut. Aplikasi-aplikasi ini tidak dapat dihapus sebelum berstatus lunas. Contoh seperti aplikasi Actv (Infinix), Payku, Fintech, Akulaku, Kredivo dan sebagainya.

Jika ada aplikasi seperti yang disebutkan tadi, maka fix dapat dipastikan bahwa HP tersebut adalah hp kreditan.

Selanjutnya untuk mengetahui bahwa HP bekas yang akan kamu beli kredit atau tidak dapat mengecek di bagian Home Screen nampak notifikasi cicilan atau tidak. Jika ada notifikasi kredit/cicilan lebih baik untuk membatalkan transaksi karena sudah dipastikan bahwa HP tersebut kreditan.

Aturan yang harus disepakati ketika membeli HP kredit adalah SIM 1 harus selalu aktif. Nomor yang didaftarkan saat pembelian biasanya harus selalu berada di SIM 1 & aktif.

Jika kamu mencoba melepaskan SIM 1 dari slotnya, dan ketika dinyalakan terkunci maka sudah dipastikan bahwa HP tersebut cicilan.

Cobalah ketika pertama kali bertransaksi untuk reset ke pengaturan pabrik. Kemudian lepaskan semua SIM yang ada di HP.

Jika ketika dinyalakan kembali lalu HP terkunci dan meminta password nomor nasabah kredit, maka status hp tersebut adalah kredit. Dari cek cici-ciri hp kreditan dengan reset pabrik adalah yang paling ampuh.

Maka kamu tidak usah sungkan ketika bertransaksi dengan penjual untuk reset ke pengaturan pabrik sebelum deal membelinya.

Ciri-Ciri HP Kredit (3)

Cara cek hp kredit atau tidak yang terakhir adalah dengan meminta bukti nota/kwitansi pembelian. Jika penjual mengatakan hilang atau tidak dapat nota pembelian. Harap dipertimbangkan kembali sebelum benar-benar meminang hp bekas tersebut.

Kalau penjual tidak dapat memberikan bukti pembelian sebaiknya tidak usah membeli hp tersebut.

Informasi HP Kredit Bekas

Perlu kalian ketahui bahwa hp yang terkunci akibat dari kredit hp yang menunggak atau gagal bayar tidak akan dapat di bypass atau custom ROM dengan metode apapun. HP kreditan sudah terinstal admin di dalamnya yang menggunakan DeviceAdminService API untuk melakukan pengontrolan hp dari jarak jauh. Aplikasi Admin ini terhubung dengan IMEI ponsel sehingga tidak akan dapat dihapus.

Maka dari itu tidak akan ada metode / trik yang dapat bypass hp yang terkunci karena gagal bayar cicilan.

Leave a Comment

close