Spek Rakit PC 4 Jutaan Terbaik untuk Gaming dan Editing 2022

Spesifikasi Rakit PC 4 jutaan dapat menggunakan prosesor Intel atau AMD dengan hanya di level low end. Karena untuk level mid dan high membutuhkan biaya yang lebih dari dari 4 juta. Perlu kamu tahu bahwa merakit PC sebaiknya disesuaikan untuk kebutuhan yang semestinya. Misalnya untuk kebutuhan editing konten Youtube, gaming, dan desain grafis, akan berbeda spesifikasinya.

Selain harus memperhatikan kegunaan, kamu harus memperhatikan dana yang ada saat ini. Jika kamu salah satu makhluk sultan yang ada di bumi bisa rakit PC high end dengan range harga diatas dua puluh jutaan. Namun, kalau kamu dari jenis makhluk jelata seperti Mimin cukup rakit PC sesuai kebutuhan saja.

Dan kali ini kita akan rakit komputer dengan dana 4 juta menggunakan part yang maksimal agar bisa digunakan untuk kebutuhan kerja, desain grafis, gaming, dan bahkan editing video.

Sebelumnya kamu harus tau bahwa part PC memiliki tahun keluar, misalnya prosesor Intel dan AMD yang keluar tahun 2021 tidak akan maksimal jika digunakan di 5 tahun ke depan. Selalu akan hadir teknologi baru dari tahun ke tahun.

  • Prosesor: Intel Core i3-10105F
  • Motherboard: MSI H510M-A PRO
  • VGA: Vurrion Geforce GT 710 2GB GDDR3
  • RAM: TEAM Elite Plus Black (2×4) 8GB DDR4 kit 2666MHz
  • Storage: SSD Adata Ultimate SU650 M.2 120GB
  • Power Supply: Enlight Black Silver 400W
  • Casing: VenomRX SAMURAI Tempered Glass Gaming Case
Rakit-PC-4-jutaan

Rakit PC 4 Jutaan Intel

Merakit PC 4 jutaan Intel menjadi hal yang sedikit rumit, karena bisa dikatakan budget segitu sangat minim sekali. Apalagi banyak yang bertanya rakit PC gaming 1 jutaan, ini mah susah mau cari part PCnya. Dan berikut ini kita berikan rakit PC 4 juta terbaik versi Rantekno.

1. Intel Core i3-10105F LGA1200

Intel-Core-i3-10105F

Dengan budget 4 juta bisa mendapatkan spek rakitan PC i3 sudah luar biasa sekali. Intel Core i3-10105F memiliki 4 core dan 6 threads yang menggunakan litografi 14 nm merupakan processor generasi ke 10 dari Intel. Prosesor ini masih lebih bagus dibandingkan dengan Intel Pentium GOLD G6405.

Untuk seri prosesor yang dibelakangnya terdapat kode ‘F’ berarti tidak memiliki kartu grafis yang terintegrasi di dalam CPU. Jadi ketika merakit PC Intel dengan kode f di belakangnya kamu membutuhkan VGA tambahan.

Saat ini prosesor tersebut menjadi dambaan untuk mereka yang ingin merakit PC dengan kebutuhan gaming, editing, dan desain grafis. Pokoknya dengan memakai CPU ini sudah lebih dari cukuplah, hanya perlu up di bagian VGA nantinya.

2. MSI H510M-A PRO

MSI-H510M-A-PRO

Ini merupakan mobo paling minim untuk kebutuhan prosesor generasi ke 10. Nah, selain itu mobo ini juga mendukung Intel generasi ke 11 untuk Intel Core i5 dan i7. Namun, jika kamu memang benar-benar orang yang suka upgrade PC lebih baik ambil mobo yang lainnya. Karena motherboard ini dari sisi spek, estetika, dan kekuatan jauh di bawah motherboard 2 jutaan.

Setidaknya jika kamu memakai motherboard ini bisa mengatasi core i3 dan i5 dalam urusan performa.

Secara spesifikasinya motherboard MSI H510M-A PRO memiliki banyak port dan slot. Spesifikasi lengkapnya bisa kamu cek di artikel lainnya dalam situs ini.

3. Vurrion Geforce GT 710 2GB GDDR3

Vurrion-Geforce-GT-710-2GB-GDDR3

Vurrion termasuk brand yang tidak terlalu familiar, tetapi produknya Geforce GT 710 2GB GDDR3 akan memberikan pengalaman yang bagus untuk kebutuhan grafis. Ini menjadi grafis paling minimal dalam perakitan PC. Dari pada memakai bawaan prosesor alangkah baiknya jika memakai kartu grafis eksternal.

Memiliki kapasitas memory 2GB dengan type GDDR3. Walaupun masih GDDR3 VGA ini juga cukup handal dalam urusan gaming low level dan editing video FHD.

4. TEAM Elite Plus Black (2×4) 8GB DDR4 kit 2666MHz

TEAM-Elite-Plus-Black-2x4-8GB-DDR4-kit-2666MHz

Kali ini kita akan memakai kapasitas RAM 8GB. Karena untuk sekala software yang selalu di update, RAM yang hanya 4GB tidak akan mampu optimal.

Jadi minimal 8GB dan yang direkomendasikan ketika merakit PC 16GB.

Untuk saat ini kita memakai TEAM Elite Plus Black tanpa adanya fitur RGB.

5. SSD Adata Ultimate SU650 M.2 120GB

SSD-Adata-Ultimate-SU650-M.2-120GB

Sudah mencari-cari referensi SSD M.2 yang bagus, tetapi ketemunya SSD Adata Ultimate SU650 M.2 120GB. SSD ini sudah cukup untuk OS karena hanya butuh 30GB saja, sisanya bisa jadi storage C. Dan jika merasa ingin menambahkan storage bisa membeli HDD saja lebih murah dari pada memaksa memakai SSD lagi.

Tentu saja kamu harus siapkan dana yang cukup untuk tambahan HDD. Bisa ambil yang versi refurbished karena lebih murah biasanya untuk 1TB di harga 200 ribuan.

6. Enlight Black Silver 400W

Enlight-Black-Silver-400W

Power Supply menjadi komponen paling penting ketika merakit PC. Jadi kamu tidak boleh melihat part ini dengan sebelah mata. Karena semua supply daya pertama kali dari listrik rumah ke PSU kemudian dihantarkan ke komponen yang lain seperti mobo, VGA, SSD, RAM, dan lainnya.

Jika PSUnya kurang optimal maka akan mengakibatkan kebocoran arus AC sehingga akan menghantam langsung ke part yang aliran listriknya DC. Akhirnya PC kamu terbakar dan wasalam. Untuk itu kamu harus memperhatikan dengan baik ketika membeli PSU.

Dan kali untuk mengatasi spek yang ada diatas bisa memakai Enlight Black Silver 400W sudah lebih dari cukup. Misalnya pengen yang lebih bagus bisa pakai Deepcool, Cooler Master, FSP, dan lainnya.

7. VenomRX SAMURAI Tempered Glass Gaming Case

VenomRX-SAMURAI-Tempered-Glass-Gaming-Case

Kebutuhan tampilan menjadi selera masing-masing orang. Kali ini kita ambil casing yang murah tetapi kualitasnya juga oke. Selain kualitas casing kita tetap memperhatikan segi estetika. Karena kalau casing tidak menarik komputer tersebut kelihatan biasa saja.

Naha, VenomRX SAMURAI Tempered Glas akan menemanimu untuk budget low level saat ini. Ada sih yang bagus tapi jelas mahal.

Rakit PC 4 Jutaan AMD Ryzen

Merakit PC AMD saat ini masih menjadi pertanyaan yang cukup krusial, pasalnya banyak prosesor Ryzen yang discontinue. Beberapa yang tersisa hanya prosesor AMD Ryzen high class saja, 5000 series. Ketika ada Ryzen yang spek menengah pun itu harus membeli bundle dengan mobo atau part lainnya. Dan untuk saat ini dengan mahar 4 juta kamu bisa pakai Athlon 3000G yang sudah cukup bagus.

1. AMD Athlon 3000G AM4

AMD-Athlon-3000G-AM4

Kalau sekarang ini rakit PC AMD cuma bisa dapat AMD Athlon 3000G yang memiliki 2 core dan 4 threads. Harganya hampir sama dengan Intel Core i3-10105F. Untuk kinerja jelas lebih baik Intel dong.

Nah, kalau AMD Athlon 3000G kamu bisa merakit PC tanpa kebutuhan VGA eksternal. Jadi tanpa beli item di list nomor 3 PC kamu sudah bisa menyala.

2. Gigabyte B450M S2H

Gigabyte-B450M-S2H

Kali ini kita memakai motherboard Gigabyte B450M S2H dengan socket AM4 yang menggunakan chipset B450. Mobo ini sudah mampu untuk kebutuhan upgrade AMD Ryzen gen 3 seperti AMD Ryzen 3 3300X.

Namun, yang perlu kamu tahu bahwa mobo ini sifatnya relatif, karena kalau mau memakai prosesor yang lebih tinggi dari Ryzen 3 lebih baik memakai mobo yang speknya lebih bagus lagi.

3. Vurrion Geforce GT 710 2GB GDDR3 (optional)

Vurrion-Geforce-GT-710-2GB-GDDR3

VGA yang kita combo dengan AMD Athlon 3000G sifatnya opsional saja. Karena tanpa memakai VGA ini PC kamu sudah bisa menyala.

Kalau mau ambil ya silahkan, kalau tidak kamu bisa lebih hemat budget. Kalau saran dari kita sih gak usah ya, karena kalau kamu ambil VGA sama saja bohong. Karena ini cuma memakai AMD Athlon 3000G, lebih baik rakit PC Intel saja yang diatas dong.

4. TEAM Elite Plus Black (2×4) 8GB DDR4 kit 2666MHz

TEAM-Elite-Plus-Black-2x4-8GB-DDR4-kit-2666MHz

Masih sama dibagian RAM kita saat ini menyarankan memakai TEAM Elite Plus Black dengan kapasitas 8GB dual channel frekuensi 2666MHz DDR4.

RAM ini sudah cukup untuk mengatasi After Effect 2017. Jadi kalau kamu editing video memakai After Effect kita sarankan ambil versi 2017 atau di bawahnya. Karena untuk versi diatasnya RAM 8GB sangat kurang sekali.

5. SSD Adata Ultimate SU650 M.2 120GB

SSD-Adata-Ultimate-SU650-M.2-120GB

Penggunaan SSD menjadi hal yang penting juga. Ketika storage kita memiliki kualitas kecepatan akses yang cepat maka ketika membuka aplikasi, booting, dan memulai game akan lebih cepat startup nya.

Pilihan dengan harga yang murah tapi berkualitas kita menyarankan memakai SSD Adata Ultimate SU650 M.2 120GB untuk kebutuhan sistem.

6. Enlight Black Silver 400W

Enlight-Black-Silver-400W

Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas bahwa PSU menjadi peran penting. PSU Enlight Black Silver 400W bisa menjadi kawan kamu ketika akan merakit PC. Kualitas tentu saja oke, karena sudah banyak yang review di Youtube tentang PSU ini. Walaupun ada PSU yang lebih bagus sih, tapi harganya lebih tinggi dong.

7. VenomRX SAMURAI Tempered Glass Gaming Case

VenomRX-SAMURAI-Tempered-Glass-Gaming-Case

Casing bukan hal yang mutlak pakai. Ada orang yang rakit PC tanpa harus beli casing. Kok bisa? Iya dia buat rig sendiri soalnya.

Tapi kalau kamu bukan Pro seperti dia, lebih baik pakai VenomRX SAMURAI Tempered Glass Gaming Case untuk kebutuhan rakit PC. Casing ini mampu menampung motherboard dengan ukuran ATX, m-ATX, dan ITX.

Sangat besar sekali ukurannya. Kalau misalnya kamu tidak suka bisa beli yang hanya muat hingga m-ATX saja karena lebih kecil dan mungil, selain itu mobo yang kita digunakan juga hanya m-ATX.

Note:

Jelas sekali kalau prosesor AMD Athlon 3000G tidak sebanding dengan Intel Core i3-10105F. Karena lawan dari Core i3 biasanya Ryzen 3. Karena alasan harga yang hampir sebanding hanya selisih 100 ribu kita pakai ini saja. Perbandingan di harga bukan kinerja ya.

Tapi kalau mau ambil lebih baik pakai Intel saja.

Intinya

Merakit PC tidak sembarangan asal merakit harus mengetahui jenis part yang akan digunakan. Kamu tidak bisa memakai mobo dengan socket LGA1200 (Intel) untuk prosesor AMD. Jadi harus benar-benar diperhatikan agar tidak salah membeli part PC.

* Harga diambil dari Tokopedia

Leave a Comment

close